Political Campaign for Gen Z

Sebagai generasi yang terhubung dengan dunia digital sejak lahir, gen Z memiliki pendekatan yang unik terhadap politik. Memahami karakteristik, perilaku, dan preferensi politik generasi ini menjadi kunci untuk merancang kampanye politik yang efektif dan relevan.

Gen Z semakin perlu dipertimbangkan dalam menyusun strategi kampanye politik. Hasil exit poll Indikator Politik Indonesia pada 21 Februari 2024 menunjukkan bahwa 23,4 persen atau hampir seperempat dari total pemilih Pilpres 2024 berasal dari gen Z. Selain itu, gen Z punya preferensi politik yang lebih dinamis. Sebagai digital native, mereka menghabiskan banyak waktu di dunia daring. Tidak sulit bagi mereka untuk mengumpulkan informasi dan membangun opini seputar tokoh atau partai politik, sehingga butuh upaya lebih untuk meyakinkan gen Z untuk menentukan pilihan.

 

Bagaimana Anda dapat memahami kebutuhan gen Z dalam konteks politik? Kali ini, Kompas Institute dan Youth Laboratory Indonesia (Youthlab.id) kembali hadir dengan kelas “Political Campaign for Gen Z”. Kelas ini akan membantu Anda mengidentifikasi strategi terbaik dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan gen Z, serta mengembangkan kampanye politik yang mampu menarik minat dan partisipasi mereka.

Materi yang Dipelajari:

1. Gen Z dalam Data Litbang Kompas

– Pengantar dan pentingnya ESG

– Profil demografis generasi Z Indonesia
– Karakteristik dan perilaku politik Gen Z
– Persepsi generasi Z terhadap partai politik dan calon pemimpin

2. Memahami Gen Z dalam Konteks Politik

– Memahami perbedaan preferensi politik antara generasi
– Faktor-faktor yang mempengaruhi pandangan politik Gen Z
– Isu-isu yang paling relevan bagi generasi Z
– Studi kasus: Kampanye politik yang menarik bagi Gen Z

3. Gen Z’s Disruption of Political Campaigns

– Karakteristik unik Gen Z yang mengubah strategi kampanye politik.
– Tren Gen Z yang memengaruhi taktik kampanye politik terkini.
– Strategi di balik kampanye politik periode kedua Jokowi.
– Studi kasus: Pandangan Gen Z terhadap figur politik Prabowo & Gibran dan keterlibatan pemuda melalui inisiatif BASP Project.

Pengajar:

– Yohanes Hendarto – Peneliti Litbang Kompas
– Marcellus Hernowo – Redaktur Pelaksana Harian Kompas
– Irfandi Aprianto M.Si – Head of Digital Research Youthlab.id
– Albertus Gilang S.Kom – Head of Immersive Research Youthlab.id

– Axel Hadiningrat, MBA – Executive Director Youthlab.id

 

 

Benefit:

  1. Materi pembelajaran (e-book)
  2. Sertifikat
  3. Akses Kompas.id selama 1 tahun
  4. Suvenir & Konsumsi
  5. Voucher Diskon 50% untuk pembelian Youthlab’s article di youthlab.id
  6. Voucher diskon 5% untuk pembelian Youthlab’s Whitepaper

Catat Tanggalnya!

Hari/Tgl: Selasa – Kamis, 10 – 12 September 2024

Waktu: 14.00-16.00 WIB

Online via Zoom

Daftar sekarang, kuota terbatas!