Dalam beberapa tahun terakhir, Gen Z menjadi segmen pasar yang semakin penting untuk dipahami. Generasi yang lahir antara tahun 1997 hingga 2012 ini punya karakteristik unik. Sejak lahir mereka sudah akrab dengan teknologi digital, menjadikan pola konsumsi mereka berbeda dengan generasi sebelumnya. Bagaimana kita dapat memahami pasar Gen Z di Indonesia?

Berdasarkan Sensus Penduduk 2020 yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS), Gen Z mendominasi populasi Indonesia dengan jumlah sekitar 74,93 juta jiwa, atau 27,94% dari total populasi. Potensi besar itu perlu dimanfaatkan semaksimal mungkin, terlebih bagi pertumbuhan bisnis di Indonesia.

Namun sebagai digital native, pola konsumsi mereka tidak dapat disamakan dengan generasi sebelumnya. Belanja online bukan hal baru bagi mereka. Belajar hal baru dari video pendek di media sosial sudah jadi kebiasaan. Lalu, bagaimana kita bisa memahami segmen pasar Gen Z?

Kompas Institute dan Youth Laboratory Indonesia (Youthlab.id) berkolaborasi menghadirkan workshop “Insights & Strategy for Gen Z Market Success”. Workshop intensif ini ditujukan untuk memberi pemahaman mendalam seputar karakteristik, preferensi, hingga perilaku Gen Z di Indonesia. Youthlab.id sendiri merupakan sebagai organisasi riset dan consultant yang berfokus pada riset tentang anak muda di Indonesia. Kolaborasi para ahli dari Youthlab.id dan Harian Kompas dijamin akan berikan insight yang tidak bisa dicari di tempat lain! Jangan sampai terlewatkan, karena ada harga khusus bagi Anda yang mendaftar lebih awal.

💡 Materi yang Dipelajari:

1. DEEPER UNDERSTANDING ON INDONESIAN GEN Z

  • Memahami konsep generasi dan apa yang membentuk setiap generasi di Indonesia.
  • Karakteristik Gen Z di Indonesia.
  • Studi kasus: perbedaan Gen Z Indonesia dengan negara lain.

2. GEN Z DATA AND INSIGHTS ANALYST

  • Analisis data Gen Z: kelas menengah, kesehatan mental, hingga sulit dapat kerja.
  • Preferensi Gen Z dalam memilih brand atau produk.

3. THE GEN Z MARKET

  • Data dan insight YouthLab.id tentang pasar Gen Z di Indonesia
  • Gaya hidup Gen Z
  • Gen Z dan teknologi

4. NEW HYPE PHENOMENA IN GEN Z CULTURE AND HOW WE COULD TUNE IN

  • Tren budaya populer di kalangan Gen Z seperti K-pop, anime, dan swifty.
  • Strategi untuk menguasai pasar Gen Z.
  • Ideation session: mengembangkan strategi pemasaran untuk pasar Gen Z

🎁 Benefit:

  1. Materi pembelajaran (e-book) 
  2. Sertifikat
  3. Akses Kompas.id selama 1 tahun
  4. Suvenir & Konsumsi
  5. Voucher Diskon 50% untuk pembelian Youthlab’s article di youthlab.id
  6. Voucher diskon 5% untuk pembelian Youthlab’s Whitepaper
  7. FREE 1 Youthlab special edition whitepaper: Insight And Strategy For Gen Z Market

📅 Catat Tanggalnya!

Hari/Tgl: Selasa-Rabu, 3-4 September 2024

Waktu: 09.30-15.30 WIB

Ruang Kompas Institute

Daftar sekarang, kuota terbatas!