Cerita punya kekuatan untuk mengubah dunia. Menggerakkan hati dan mengolahnya menjadi aksi. Kekuatan itu juga ada di dalam diri Anda. Karena setiap orang punya ceritanya sendiri. Kompas Institute Learning Festival mengajak Anda mengembangkan potensi diri. Menerapkan prinsip storytelling dalam tujuh bidang pekerjaan masa kini: Digital Marketing, Creative Campaign, Visual Storytelling, Event, Penyuntingan, B2B Sales, dan Merchandising.
Roda peradaban manusia bergerak lewat cerita. Kisah-kisah yang menggugah jiwa, mendorong manusia untuk berinovasi. Terlebih di era digital ini. Cerita masih melandasi beragam aspek kehidupan, baik dalam hal edukasi, teknologi, hingga profesi.
Dalam rangka menyambut hari ulang tahun ke-59 Harian Kompas, Kompas Institute mengajak Anda untuk memahami cerita. Kali ini, cerita yang tersirat dalam profesi masa kini. Bagaimana storytelling menjangkau dan memberi makna pada pekerjaan di era yang serba terdigitalisasi.
Bagaimana meniti berkarier sebagai digital marketer yang jago bikin campaign? Memulai karier menjadi event organizer tapi bingung mau mulai dari mana? Berkreasi membuat iklan yang mampu mengguncangkan dunia? Tidak cuma itu, Anda juga dalam menyelami topik menarik lainnya, seperti bagaimana bercerita untuk close deal sebagai sales representative, menerapkan konsep jurnalistik dalam konten kreatif, mengembangkan brand merchandise untuk kebutuhan komersial, hingga swasunting naskah untuk diterbitkan di media massa.
Di sini, Anda bisa menyelami cerita tujuh profesi kekinian dari tujuh departemen kerja yang ada di Harian Kompas. Semua materi akan disampaikan oleh pengajar ahli yang juga praktisi berpengalaman dari tim Harian Kompas.
Mulai sekarang kembangkan kemampuan diri untuk raih impian Anda.
Kemampuan penyuntingan, termasuk di dalamnya swasunting, penting dalam proses penyajian berita ataupun tulisan yang bernas dan menarik. Mahir dalam ejaan; cakap dalam pilihan kata; lihai dalam logika berbahasa; apik dalam menjaga konsistensi; serta peka terhadap kebenaran fakta menjadi beberapa aspek yang perlu dikuasai penyunting naskah dengan baik.
Di era digital yang penuh gempuran informasi, iklan yang jelek ibarat bom waktu yang siap menghancurkan brand Anda. Alih-alih menarik perhatian konsumen, iklan yang tidak menarik justru meninggalkan jejak negatif dan mendorong mereka untuk menjauh. Karena itu penting untuk dipahami, iklan yang baik bukan hanya tentang kejelasan informasi, tetapi juga tentang jejak emosi yang ditinggalkan. Iklan yang baik mampu menceritakan kisah tentang produk yang menempel di benak konsumen dan mendorong mereka untuk mengambil tindakan.
Perkembangan teknologi dan perubahan perilaku konsumen telah mendorong perusahaan tradisional untuk bertransformasi ke arah digital. Harian Kompas, sebagai salah satu media terbesar di Indonesia, telah berhasil melakukan transformasi dengan mengadopsi strategi digital marketing yang efektif. Di kelas ini, Anda akan belajar bagaimana bisnis melakukan digitalisasi, serta bagaimana strategi digital marketing yang efektif dapat membantu meningkatkan konversi dan pertumbuhan pelanggan.
Membuat event yang berkesan bukan perkara mudah. Butuh narasi yang kuat agar event membekas di hati setiap pengunjung. Di kelas ini, Anda akan belajar membuat event yang tak terlupakan dengan kekuatan cerita. Mempelajari berbagai jenis event dan cara membangun narasi yang tepat, serta memahami audiens secara mendalam untuk menciptakan pengalaman yang bermakna, hingga mengomunikasikan narasi event ke dalam strategi komunikasi yang efektif.
Membangun brand yang kuat dan mudah dikenal sangat krusial bagi keberhasilan perusahaan. Merchandise bisa menjadi salah satu solusi branding yang efektif. Tidak hanya dapat meningkatkan brand awareness, merchandise juga dapat menjadi sumber pendapatan yang signifikan. Bayangkan logo brand Anda terpampang di kaos jaket, tas, atau merchandise lainnya. Setiap produk menjadi duta yang membawa brand Anda lebih dekat ke hati pelanggan.
Persaingan bisnis makin ketat, kemampuan penjualan menjadi salah satu kunci utama dalam kesuksesan dalam dunia bisnis. Seorang salesperson yang handal tidak hanya mampu menjual produk atau jasa, tetapi juga mampu membangun hubungan yang baik dengan klien dan memberikan solusi yang tepat untuk berbagai kebutuhan mereka.
Di era digital ini, konten adalah raja. Karena itu, keterampilan storytelling lewat sajian audiovisual penting untuk dikuasai. Tidak perlu pakai kamera yang mahal. Cukup bermodalkan smartphone, kamu juga bisa menghasilkan konten audiovisual yang berkualitas.