Yang Terjadi Hari Ini

Selasa, 28 Mei 2024

Simak pilihan artikel hari ini yang telah kami rangkum untuk Anda:

Pembatalan kenaikan UKT di PTN oleh Mendikbudristek Nadiem Makarim adalah kabar baik bagi calon mahasiswa. Aspirasi masyarakat dan protes mahasiswa mempengaruhi keputusan ini. Meski peraturan terkait PTN-BH belum dicabut, keputusan ini memberi lega bagi calon mahasiswa. Mayoritas masyarakat menganggap akses pendidikan tinggi sebagai kebutuhan yang harus dipenuhi. Penyesuaian biaya kuliah dengan kondisi ekonomi keluarga dianggap wajar oleh banyak responden. PTN-BH perlu mencari alternatif pendanaan selain dari mahasiswa. Bank BUMN pernah menawarkan program kredit mahasiswa, tapi belum cukup untuk semua. Pemerintah sedang mengevaluasi skema kredit agar pendidikan tinggi tetap lancar dan terjangkau secara adil.

Hubungan Indonesia-Malaysia, terkait ekonomi digital, menunjukkan dinamika. Malaysia menargetkan kontribusi ekonomi digital 25,5% PDB pada 2025. Strateginya melibatkan infrastruktur digital, pusat kecerdasan buatan, dan menarik investasi. Indonesia juga memperhatikan ekonomi digital dengan target 20% PDB pada 2045. Namun, infrastruktur, talenta, dan keamanan siber masih menjadi tantangan. Sandiaga S Uno menyoroti pertumbuhan layanan pembayaran digital dan teknologi kesehatan di Indonesia.

BMKG mengumumkan kemarau di sebagian wilayah Indonesia, memperingatkan potensi kekeringan dan kebakaran hutan. Daerah seperti Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara sudah lama tanpa hujan. Dwikorita Karnawati menekankan pentingnya mitigasi kekeringan dan antisipasi karhutla. Siklon tropis Ewiniar juga dipantau di sekitar wilayah Indonesia. Fenomena Madden-Julian Oscillation (MJO) pada tanggal 25 Mei 2024 berkontribusi pada awan hujan di wilayah tersebut. Curah hujan tiga hari ke depan berpotensi menyebabkan bencana di beberapa wilayah.